Surautv.id: Padang – SMPIT Dar el-Iman melaksanakan Ujian Komprehensif (Kompre) Tahfizh pada 27–28 September 2025. Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam program pembinaan hafalan Al-Qur’an, sekaligus upaya sekolah dalam menjaga kualitas capaian tahfizh siswa-siswinya. Ujian Komprehensif Tahfizh ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang telah mencapai target hafalan. Selasa (30/9/2025).
Mereka diuji secara langsung oleh para guru tahfizh dengan metode sima’an dan setoran hafalan. Suasana penuh khidmat tampak di ruang ujian, di mana siswa-siswi berusaha menampilkan hafalan terbaik yang telah mereka persiapkan.
Salah seorang guru tahfizh menyampaikan bahwa ujian ini bukan sekadar evaluasi, tetapi juga sarana untuk melatih keberanian, kejujuran, dan tanggung jawab peserta didik. “Melalui Kompre Tahfizh, kami ingin memastikan hafalan anak-anak tidak hanya banyak, tetapi juga kuat dan terjaga mutqin. Selain itu, kegiatan ini menjadi motivasi agar mereka semakin istiqamah bersama Al-Qur’an,” ujarnya saat ujian selesai dilaksanakan. Sabtu, (28/9/2025).
Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan ujian ini juga melibatkan aspek pembinaan akhlak. “Kami selalu menekankan bahwa Al-Qur’an bukan hanya untuk dihafalkan, tetapi juga untuk diamalkan. Harapan kami, anak-anak bisa menjadikan hafalan ini sebagai cahaya yang membimbing kehidupan mereka di masa depan,” jelasnya. Sabtu, (28/9/2025).
Para siswa mengaku merasakan tantangan sekaligus kebahagiaan dalam mengikuti ujian ini. Mereka menyebut persiapan dilakukan dengan banyak muraja’ah (mengulang hafalan) baik di rumah maupun di sekolah. “Awalnya terasa gugup, tapi saya senang bisa menyetorkan hafalan saya. Semoga Allah menjaga hafalan ini,” kata salah seorang peserta saat keluar ruang ujian. Sabtu, (28/9/2025).
Dengan terselenggaranya Ujian Komprehensif Tahfizh ini, SMPIT Dar el-Iman berharap dapat mencetak generasi Qur’ani yang berprestasi, berakhlak mulia, dan istiqamah menjaga kemurnian Al-Qur’an dalam hati dan kehidupan sehari-hari.
Reporter: Ilvan | Redaksi: Surautv.id