Terjemah Khutbah | Syekh DR Shaleh bin Abdullah bin Humaid – Hubungan Pendidikan dengan Nasionalisme

310

Terjemah Khutbah | Syekh DR Shaleh bin Abdullah bin Humaid – Hubungan Pendidikan dengan Nasionalisme, Masjidil Haram, 17 Safar 1443 H / 24 September 2021

Transkrip :

Wahai kaum muslimin sekalian…
Aku berwasiat kepada kalian dan untuk diri pribadi untuk selalu bertaqwa kepada Allah, bertaqwa lah kepada Allah dan kerjankanlah setiap ketaatan dengan ikhlas kepada Allah, bukan karena kebiasaan dan kerjakanlah amalan sunnah dan ibadah² dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah, Bukan hanya karena menjaga kehormatan semata.

Wahai manusia…,sesungguhnya kalian itu miskin di hadapan Allah.dan Allah Maha Kaya dan maha terpuji. Surga itu dekat -wahai hamba-hamba Allah- sepotong kurma dapat menjauhkan diri dari neraka. Sedekah memadamkan kemarahan Allah. Dan Dua kalimat yang ringan diucap namun dicintai oleh Allah yang Maha Penyayang dan berat didalam timbangan yaitu subhanallahu wabihamdihi dan subhanallahil ‘Adzhim.Dan Berwudhu dapat menghilangkan dosa², dan kabaikan itu diganjar dengan 10 lipat sampai 100 kali lipat sampai berlipat-lipat. Allah berfirman :

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَىِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفًۭا مِّنَ ٱلَّيْلِ ۚ إِنَّ ٱلْحَسَنَـٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ.

Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

وَٱصْبِرْ فَإِنَّ ٱللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan.

Kaum muslimin sekalian…
Tidak ada kesedihan melampui kesedihan didalam masalah pendidikan…2x. Allah berfirman :

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّـٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍۢ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Pendidikan -wahai orang-orang yang diBimbing Allah- itu bukan hanya program keluarga dan bukan juga program sekolah, akan tetapi ia adalah program umat dan negara. pertanian menghasilkan pangan, pabrik menghasilkan peralatan, perdagangan akan menghasilkan sumber daya, sedangkan pendidikan ia membangun bangsa dan negara serta membangun segala sesuatu nya. Dan Pendidikan adalah proses yang dijalani ilmu yang dipelajari dan komitmen yang direalisasikan. Pendidikan mengembangkan kempuan bukan mengadakan nya dan mengukuhkan keterampilan Bukan menciptakannya. Siapa yang terbiasa dengan sesuatu maka ia akan tumbuh besar dengan kebiasan tersebut.

Wahai Saudara-saudara sekalian…
Inilah pendidikan dengan kedudukan dan pengaruhnya,adapun sasaran dan lapangannya adalah anak-anak kita. Anak-anak kita yang merupakan Penyejuk mata kita, dan belahan jiwa, dan perhiasan dan penghibur hidup kita, dan buah hati kita, dan penyangga punggung,dan pembangun masa depan dan pemikir dan penyongkong dan tameng nya dan penjaga stabilitasnya. Gudang amanah bagi orang tua dan para guru. Perhatikan lah mereka dengan baik betapa besar nya tanggung jawab atas mereka.

Wahai para ayah dan ibu…
Kegelisahan didalam pendidikan melebihi kegelisahan diantara yang lainnya. Dan tidak ada yang menjauhkan diri dari Allah kecuali selalu merasa diawasi oleh Allah Maha Mengetahui yang ghaib, dan tanamkanlah kepada mereka aqidah tauhid, maka hati mereka akan lapang dan jiwa mereka tenang dan lidah mereka bertuturkata dengan nya tegak diatasnya dan Didiklah mereka diatas ketaqwaan dan takut dan merasa diawasi selalu oleh Allah. Sehingga anak tersebut tidak berharap kecuali hanya kepada Allah dan tidak takut berdosa kecuali kepada Allah. Dan mereka hanya bergantung hanya kepada Allah, dan bertawakal kepada-Nya berpegang teguh kepada kitab-Nya dan sunnah nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Selalu memohon pertolongan dengan sabar dan sholat dan selalu berdzikir kepada Allah. Jadikanlah ketaqwaan kepada Allah menjadi mental mereka dan takut kepada Allah menjadi syiarnya. Ikhlas sebagai bekal mereka dan kejujuran sebagai tameng nya. Dan barangsiapa yang malu kepada Allah setiap waktu dan kondisi maka ia akan sampai kepada kedudukannya yang tertinggi. dan ajarilah mereka…2x bahwasanya Allah telah menetapkan barangsiapa yang taat maka Allah akan muliakan. Barangsiapa yang mendurhakai Allah maka Allah akan menghinakannya. Kemuliaan itu berkaitan erat dengan ketaatan kepada Allah. Dan kehinaan itu berkaitan erat dengan kemaksiatan.

Wahai Para pendidik sekalian…
Didalam surah Al-Isra, An-nur , Alfurqon dan Luqman terdapat Pesan-pesan pendidikan dan adab-adab dalam bersikap. didalam mencerminkan perhatian agama ini adalah prinsip-prinsip pendidikan. Sarana dan beserta metodenya. Allah berfirman :

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ ۚ إِنَّ ٱلسَّمْعَ وَٱلْبَصَرَ وَٱلْفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لَـٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔولًۭا

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

وَإِن قِيلَ لَكُمُ ٱرْجِعُوا۟ فَٱرْجِعُوا۟ ۖ هُوَ أَزْكَىٰ لَكُمْ ۚ

Dan jika dikatakan kepadamu: “Kembali (saja)lah, maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu.

قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا۟ مِنْ أَبْصَـٰرِهِمْ وَيَحْفَظُوا۟ فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا يَصْنَعُونَ.

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka”.Surat An-Nur (24) Ayat 30

وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًۭا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَـٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَـٰمًۭا

Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati.

يَـٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱلشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌۭ

“Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.

يَـٰبُنَىَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأْمُرْ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱنْهَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَآ أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ ٱلْأُمُورِ

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

Wahai para orang tua dan wahai para guru…
Tuntunlah mereka agar mereka suka membaca dan menuntut ilmu. ilmu itu merupakan sebab ketentraman hidup. Dan sebaik-baik diajarkan adalah Kitabullah. Maka sejauh mana mereka dekat dengan Alquran. Akan bertambah ketenangan dan ketentraman mereka. Luruskan barisan mereka didalam membaca Al-Quran agar bahasa mereka terjaga dan tuturkata mereka manis.-Wahai orang-orang yang kami cintai- Tidak ada kelemahan dan tidak ada kerapuhan melebihi kelemahan seseorang yang berbicara bukan dengan bahasa nya. Dan mencatat sejarah yang bukan sejarahnya. Dan bangga dengan yang bukan produk nya. Merayakan yang perayaan yang bukan hari rayanya. Ajarilan mereka, bagaimana bernilainya pengajaran para ulama dan mendengarkan kepada nasehat orang menyayangi dan tuntunan orang-orang yang bijak. Serta pemberian orang yang mulia.

Wahai para orangtua yang terhormat dan beserta para guru yang mulia…
Didiklah mereka agar mereka berhias dengan sifat-sifat yang terpuji dan akhlaq mulia. Sebab dengan sifat terpuji akan terhindar dari berbagai kehinaan dan pesona akal seseorang adalah dengan berpikir, indah nya lisan adalah dengan diam. Dan indahnya tuturkata dengan kejujuran, dan indahnya keadaan dengan istiqomah dan tidak peduli dengan kemulian adalah seburuk-buruknya teman.

Saudara-saudara sekalian…
Dan Diantara masukkan pendidikan adalah dengan mendidik dengan keteladanan. Anak-anak membutuhkan keteladanan bukan yang menyalah-nyalahkan… 2x. Duduklah bersama mereka dan bertemanlah dengan mereka dan berbicaralah dengan mereka, dan luangkanlah waktu dengan mereka. SeSungguhnya kalau kalian tidak meluangkan waktu untuk mereka, maka kalian tidak akan memiliki tempat dihati mereka…2x berikanlah Waktu kalian untuk mereka. Bahkan itu Lebih berharga dari pada harta yang kalian berikan kepada mereka. Kalian telah menginvestasikan didalam diri mereka lebih baik. Dari pada kalian berinvestasi untuk mereka. Jadilah suri tauladan kalian untuk mereka…2x. dengan bijaksana dan santun. dengan lisan kejujuran ucapan dan kesucian tangan dan kebaikan akhlak.

Umar bin ‘utbah berkata kepada pengajar putra nya. Hendak lah yang pertama kali yang engkau lakukan didalam mendidik putra ku adalah perbaikilah dulu dirimu sendiri. Sesungguhnya mata mereka tertuju kepada dirimu. Dan kebaikan menurut mereka adalah apa yang engkau kerjakan, dan keburukan bagi mereka adalah apa yang engkau tinggalkan. Maka jadilah…2x. Pendengar setia bagi mereka. Maka mereka akan berbakti kepada kalian. Cintailah mereka dan pujilah mereka dan motivasi lah mereka dan ajaklah mereka bercanda agar mereka bergembira.

Wahai para orangtua dan guru sekalian…
Berhati-hatilah agar anak-anak kalian agar tidak terpengaruh dengan gadget dan media sosial. Dan tanamkanlah kepada diri mereka atas kesadaran jangan mudah untuk percaya kepada setiap gambar. Dan jangan percaya kepada setiap cuitan dan jangan Terima semua informasi.karena banyak dari nya merupakan jebakan dan ketergelinciran. Dan jangan jadikan media sosial sebagai stasiun informasi desas desus, hoaks dan ghibah sampai kesegala penjuru sebab kesalahan dan kemaksiatan akan dimintai pertanggung jawaban. Walau hanya dengan sedikit sentuhan dari sesuatu yang tidak terduga. Mereka dapat membuat keburukan dan kekejian.

Kaum muslimin sekalian…
Diantara tujuan yang besar didalam pendidikan adalah menegakkan bangunan karakter anak didik. Merasa mulia dengan kebaikan jiwa, dan jauh dari pelit dan bakhil dan waspada dari sikap taklid dengan orang-orang terkenal dalam berpakaian dan makanan dan sikap.

Ketahuilah bahwasanya kemulian itu milik Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman. Akan tetapi orang munafik tidak mengetahui. Tanamkan lah didalam diri mereka…2x. bahwa yang bathil itu bathil meskipun banyak pengikutnya. Dan yang benar itu adalah yang benar, meskipun sedikit pengikutnya. Bendera kebenaran itu tetap tegak walaupun tidak ada seorang pun yang mengangkatnya. Dan sebaliknya kabathilan itu pasti akan runtuh walaupun semua orang menegakkan nya. Demikian juga yang haram tetaplah haram meskipun semua orang menghalalkannya.camkanlah,,,bahwasanya seorang akan terpandang dengan keilmuan nya serta akhlaknya. Bukan karena nasab dan suku nya.

Wahai para pendidik dan para penanggung jawab..
Berikan lah Motivasi bagi mereka agar mereka bersungguh-sungguh memelihara waktu dan memanfaatkan waktu luang. Dan menjalankan tanggungjawab dan mengambil keputusan dan barangsiapa yang banyak lalainya maka ia tidak akan sampai ke tujuan. Dan barangsiapa yang banyak tidur maka ia akan ditinggalkan oleh yang lainnya. Suka bersantai-santai akan mendatangkan penyesalan. Tidak ada yang menghantar kan ke cita-cita kecuali dengan kesungguhan dan kerja keras. Dan pentujuk itu adalah jalan yang kesungguhan.

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

  1. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

Dan setelahnya -Wahai orang-orang dijaga Allah..dan diantara tanda-tanda pendidikan yang benar adalah tidak banyak masuk didalam perbedaan. Dan sikap objektif dan tidak mencari-cari kesalahan. Dan memberikan udzur dan bersabar. Berwajah berseri-seri dan bersikap santun. Dan Adapun kesalahan didalam pendidikan adalah banyak menyalahkan, membentak dan membanding²kan.perselisihan diantara sesama saudara adalah perang yang merugikan dan membuat setan bergembira. Dan menjadi celah masuknya musuh bahkan bahan bakarnya adalah terputus nya silaturahim.

Dan siapa yang menggabungkan cara didalam mendidik maka ia akan dapat memetik buahnya. Dan peliharalah keluarga mu dari api neraka yang mana bahan bakar nya dari batu dan manusia.

Khutbah kedua..

Kaum muslimin sekalian..
Pendidikan anak itu adalah kebaikan dan ketaatan dan pahala. Dan Sebagian salaf berkata : sesungguhnya diantara dosa yang tidak dapat dihilangkan kecuali dengan mendidik anak dengan baik.

Kedua orang tua adalah tanah yang landai dan langit yang menaungi

Wahai orang tua dan para guru…
Pendidikan yang baik adalah Ajarilah mereka nasionalisme, ajarkan lah kepada mereka bahwasanya nasionalisme itu adalah ikhlas, dan karya, dan membangun dan kerjasama, dan merawat dan amanah,dan kehormatan dan mencintai dan membela. Dan ajarilah mereka bahwasanya nasionalisme itu berdiri dengan menghadapi musuh yang merongrong dengki kepadanya. Nasionalisme adalah dengan menjaga fasilitas umum dan infrastruktur dan sumberdaya dan meniti jalan yang lurus dalam konsumsi energi dan menjaga kekayaan memilihara kehormatan dan memberantas korupsi dari mana sumbernya dan dari siapa pelakunya. Ajarilah mereka bahwasanya nasionalisme itu mengfungsikan peran dan pengetahuan dan pengalaman dan mengabdi terhadap negri dan memajukan nya dalam puncak kebaikan. Nasionalisme adalah mata terjaga dan tekad yang membaja Ke puncak kesuksesan. Nasionalisme adalah seorang warga yang menjadi cerminan negrinya. Apa yang lahir darinya adalah refleksi dari nasionalisme nya. Nasionalisme adalah ketika seorang warga negara menjadi simbol negaranya baik didalam dan menjadi duta diluar. Nasionalisme adalah engkau menjadi teladan yang jujur yang menasehati. Dan engkau memelihara hak pemerintah berupa ketaatan,Cinta, nasehat dan loyalitas. Nasionalisme adalah loyalitas yang jauh dari fanatisme. Dari yang lainnya.

Wahai saudara-saudara sekalian…
Jika demikian makna dan gambaran nasionalisme maka bagaimana jika negri tersebut adalah tempat kelahiran islam. Tanah suci dan negeri yang mengangkat panji islam, berhukum dengan alquran dan sunnah. Jika negri itu adalah dua tanah suci yaitu kerajaan Arab Saudi. Nasionalisme didalam Negeri yang diberkahi ini adalah komitmen dengan agama Allah baik dalam aqidah dan syariah dan Serta mengikuti manhaj salafus sholeh baik dalam hal-hal prinsip, adab dan akhlaq dan serta kebiasaan setempat. Dan yang benar dari Allah dan Rasul-Nya kitab-Nya dan orang biasa. Pemimpin yang diberkahi ini menyandang gelar kehormatan sebagai pelayanan dua tanah suci. Khadimul haramain maka tidak diragukan bahwasanya penduduk nya ikut menyandang nya didalam mengabdikan untuk negri yang berkah ini. -wahai orang-orang yang dijaga Allah- Sesungguhnya makna tertinggi dari semangat nasionalisme adalah mengabdikan diri kepada dengan seluruh maknanya dan konsekuensi nya.

Bertaqwalah kepada Allah semoga kalian mendapatkan rahmat. Dan setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban nya. Suami pemimpin bagi keluarga nya, dan seorang istri pemimipin didalam rumah suaminya. Dan setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here