Terjemah Khutbah | Syaikh Abdullah Al Juhany – Beradab Terhadap Ahli Ilmu

423

Terjemah Khutbah | Syaikh Abdullah Al Juhany – Beradab Terhadap Ahli Ilmu, Terjemah Khutbah Masjidil Haram, 26 Muharram 1443 H / 3 September 2021 M

Transkrip :

Bertaqwa lah kepada Allah -wahai kaum Muslim sekalian- dan tetaplah selalu merasa diawasi Nya dan taatilah perintahNya dan janganlah kalian bermaksiat kepada-Nya
Allah berfirman :

وَلَقَدْ وَصَّيْنَا الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَإِيَّاكُمْ أَنِ اتَّقُوا اللَّهَ ۚ

“dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepada kamu; bertakwalah kepada Allah”.

Dengan Taqwa kepada Allah maka akan tercapai kedudukan tertinggi disisi Allah dan dengan nya juga akan diraih keberuntungan,dan dengannya keluar dari ujian dan dengannya juga kemenangan didapat yaitu masuk kedalam surga dan terhindar dari api neraka.

Wahai hamba-hamba Allah ..
Kita memuji Allah, berkat karunia dan rahmat-Nya atas segala kemudahan dan atas segala limpahan dan anugrah, serta karunia yang Agung untuk kita semua. diantara karunia tersebut adalah kondisi kita saat ini, dimana kita sudah memulai belajar mengajar secara langsung. Dan kembalinya Baik para guru-guru Laki-laki dan Guru-guru perempuan dan para pelajar telah kembali ke sekolah-sekolah dan ma’had-ma’had dan kampus-kampus mereka,dengan pemandangan yang menakjubkan dan sangat enak untuk dilihat.iya,sesungguhnya itu merupakan memandang yang indah lagi memuliakan,ketinggian dan kehormatan. Allah tabaroka wa Ta’ala berfirman :

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ} [المجادلة : 11]

niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.[المجادلة : 11]

Ilmu adalah semulia-mulia dan merupakan sesuatu yang dicari-cari dan sebaik baik yang ingin diraih. Dan sesuatu yang paling bermanfaat yang diusahakan. dan ia merupakan peninggalan dan warisan dari para nabi dan ia merupakan kehidupan hati dan cahaya bagi jiwa, dan penawar dahaga dan taman akal dan kelezatan bagi ruh, dan penghibur yang kesepian dan petunjuk bagi yang bimbang. Dan ia merupakan timbangan, dengan nya kata-kata, perbuatan dan denganya Allah dikenal,dan diibadahi,dan diingat dan diesakan, dan dipuji dan diangungkan, Allah Subhanahu ta’la mengambil kesaksian orang-orang berilmu atas sesuatu yang paling mulia yaitu tauhid.Allah memasangkan kesaksian nya bersama kesaksian mereka para malaikat. ini menunjukkan bahwa Allah meninggikan posisi mereka. Bahwa sesungguhnya Allah tidak mengambil kesaksian dari sesuatu yang cacat. Ilmu adalah hujjah Allah dimuka bumi dan cahaya bagi para hambanya dan penuntun nya dan pemberi nya petunjuk bagi mereka untuk masuk surga. Allah tabaraka wa Ta’ala berfirman :

{شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ ….} [آل عمران : 18]

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu).[آل عمران : 18]

Wahai Kaum muslimin sekalian
Dan diantara maslahat yang penting dan kebutuhan yang mendesak yang diatas nya, hidup dan ditegakkan berbagai kehidupan umat, baik secara individu maupun kelompok. Dengan ilmu dan perhatian kepada nya. Dengan ilmu Umat dan seluruh pemerintahannya akan tercapai kemajuannya dan Kurangnya ilmu kondisi nya tidak akan kuat dan tidak akan baik. Manusia sejati lebih membutuhkan ilmu dibandingkan makanan dan minuman, karna seorang membutuhkan makanan dan minuman sekali atau dua kali dalam sehari, sedangkan kebutuhannya terhadap ilmu adalah sebanyak tarikan nafasnya.

Dan kita berada diawal tahun ajarn baru.kita kembali mengingat kan siswa-siswi kita tentang adab terhadap ilmu :
Yang pertama adalah bertaqwa kepada Allah dan ikhlas kepada Allah dan menghiasi diri dengan kesabaran, tahan banting dan lapang dada dan tawadhu’ dan jauh dari kesombongan dan besar diri. beradab kepada pengajar laki-laki dan pengajar perempuan dengan memperhatikan nya dengan baik dan bergaul dengan sopan dan menjaga Kesantunannya.

Pesan saya juga kepada para pengajar laki-laki dan pengajar perempuan agar selalu bertaqwa kepada Allah tabaroka wa Ta’ala dalam mendidik murid-murid yang menjadi tanggung jawab kalian. Hendaknya kalian juga meneladani guru yang pertama sekali diumat ini yaitu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Sesungguhnya beliau adalah sebaik-baik guru, dan beliau adalah sosok yang penyantun, dan penyayang dan lemah lembut dan beliau selalu memudahkan dan tidak mempersulit dan memberi kabar gembira dan tidak menakuti-nakuti. Dan wajah beliau selalu berseri-seri dan riang dan suka cita. Maka teladanilah beliau, sungguh kalian telah mengenban misi para nabi dan rasul. Demikian tsb menuntut kalian untuk memiliki beban tanggung jawab kewajiban mengajar dan mendidik sebaik-baiknya. Saya memohon kepada Allah untuk kita semua. Semoga Allah memberikan kita petunjuk dan bimbingan nya.

Pesan saya juga untuk para orang tua, agar selalu bertaqwa kepada Allah dalam urusan Anak-anak yang telah diamanahkan Allah kepada kalian. Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda :

كُلُّكُمْ رَاعٍ فَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ،

“sesungguhnnya Allah pasti akan meminta Setiap kalian pertanggungjawaban nya atas yang diamanahkan kepada nya.apakah Ia jaga atau ia sia-siakan. Allah akan meminta bertanggung jawabnya atas anggota keluarga nya (H.R Ibnu Hibban)

Dan ajarilah kepada Anak-anak kalian apa yang menjadi hak-hak para guru, ajarkan mereka adab-adab sebelum mereka hadir di dalam Majelis ilmu. Dan tanamkan didalam hati kepada mereka kecintaan terhadap ilmu dan para ulama dan serta mengajari mereka untuk hormat kepada pengajar laki-laki dan pengajar perempuan. Dan beritahukanlah kepada mereka itu merupakan ibadah kepada Allah tabaroka wa Ta’ala dan dengan nya keridhoan akan didapat.
‘Audzubillah minasy syaithonir rojim
Allah berfirman :

وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ وَيُعَلِّمُكُمُ اللَّهُ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ} [البقرة : 282]

Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.[البقرة : 282]

Khutbah kedua

Bertaqwalah kepada Allah tabaraka wa Ta’ala dengan sebenar-sebenar taqwa dan berpegang teguhlah dengan kalimat ” لا إله إلا الله ” Karna dia adalah Tali yang Kokoh. Dan waspadalah kepada segala bentuk kemaksiatan. Karna kaki-kaki kalian pasti tidak akan pernah tahan panasnya api neraka. Ber rendah dirilah kepada Allah, barangsiapa yang ber rendah diri kepada Allah maka Allah akan meninggikan nya. Dan barangsiapa yang sombong kepada Allah maka Allah akan hinakan dirinya. Dan barangsiapa menanam benih taqwa maka beruntunglah ketika masa panen nya. Ketahuilah, sebenar-sebenar perkataan adalah Kitabullah, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad, dan seburuk-buruk perkara adalah perkara yang tidak ada contoh nya dalam agama, karena setiap perkara yang ada contohnya dari agama adalah Bid’ah. Dan setiap kebid’ahan adalah sesat dan setiap kesesatan adalah neraka.

Dan kita juga memperbahurui puji dan syukur kita kepada Allah atas menurunnya wabah di negri ini dan tercapai angka yang rendah. Namun, akan tetapi, saya tetap mengingat kan kembali kepada Saudara-saudara kaum mukminin untuk selalu menjaga diri dan pentingnya untuk melakukan vaksinasi dengan dosis yang telah ditentukan.selain itu juga selalu mematuhi protokol kesehatan dan prosedur penjegahan wabah yang telah ditetapkan oleh pihak yang terkait. Dan itu merupakan dalam rangka menjaga kesehatan anak didik kita dan waspadalah terhadap berita-berita yang tidak jelas sumbernya tentang vaksin ini. Hanya Allah tempat kita memohon agar sekiranya mengaruniakan semua ilmu yang bermanfaat dan amalan sholeh kepada anak-anak kita menuntun kepada kebaikan dan kesuksesan dan keberuntungan. Semoga Allah membalas semua jasa guru dan para orang tua dengan kebaikan dan menolong kita didalam misi dan peran mereka kepada nusa dan bangsa agar pendidikan kita menjadi lebih maju dan baik.Sesungguhnya Rabb-ku maha pemurah lagi maha karunia.

Wahai Hamba Allah…
Sesungguhnya Allah telah memerintah kan kita untuk membaca sholawat dan salam kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Simak videonya berikut ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here