Terjemah Khutbah Al-Haramain | Syaikh Dr. Saud Bin Ibrahim Asy-Syuraim – Pentingnya Kejujuran Bukan Kepura-puraan

175

Khutbah Pertama

Wahai kaum muslimin….
Dalam agama Islam terdapat sifat terpuji yang tampak jelas bagi manusia seterang²nya baik dari segi aqidah, syariat dan yang terkaitan dengan hukum².ia adalah agama yang mudah dan toleran tidak dibayangi dengan samar-samar. Dan tidak sulit untuk dipahami oleh pengikutnya dan bebas dari kesulitan dan keanehan dan kemistrinya. Aqidah, ibadah dan pahala dan siksaan dalamnya jelas. Dan sudah tentu karena terangnya menghilangkan ketidak jelasan dan menolak ketidaktahuan. Ia adalah agama Islam, syariat yang suci dan terang benderang dan bersih asas dan cabangnya dan jalan tujuannya prinsip dan sumbernya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَرَكْتُكُمْ عَلَى الْبَيْضَاءِ لَيْلُهَا كَنَهَارِهَا لَا يَزِيغُ عَنْهَا بَعْدِي إِلَّا هَالِكٌ

“Aku tinggalkan kalian dalam suatu keadaan terang-benderang, siangnya seperti malamnya. Tidak ada yang berpaling dari keadaan tersebut kecuali ia pasti celaka.” (HR. Ahmad)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan,

لَقَدْ جِئْتُكُمْ بِهَا بَيْضَاءَ نَقِيَّةً

“demi dzat yang aku berada di tangannya,Sungguh aku telah datang kepada kalian dengan membawa agama yang putih bersih.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan,

إِنَّ الْحَلاَلَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ

Sesungguhnya yang halal itu telah jelas dan yang haram pun telah jelas pula.

Syukurilah terang nya islam dengan segala maknanya. tidak ada ruang didalamnya untuk bersembunyi dan tidak ada tempatnya tempat membuat samar. Bagaimana hal itu tidak demikian karena telah diutus bersama nya rasul yang nyata lebih jelas dan lebih benar dan dapat dilihat oleh kejernihan dalam hidupnya sebelum ia mengatakan dan pada tindakannya sebelum ia berbicara. Dia adalah hamba yg disifatkan oleh abdullah bin rawahah radhiallahu anhu melalui ungkapan tampilannya

لَو لَم تَكُن فيهِ آياتٌ مُبَيَّنَةٌ
كانَت بَديهَتُهُ تُنبيكَ بِالخَبَرِ

Seandainya tidak ada tanda yang menjelaskan tentang diri beliau niscaya dengan melihatnya secara spontanitas maka beritahukan engkau sesuatu kebaikan.

Itulah jernih nya seorang nabi ﷺ dalam kejujuran nya, kebaikan ketampilan nya memberi tahu kan kebaikan batinnya. Diriwayatkan dalam kitab shohihaini. Bahwa nabi ﷺ, pada suatu malam keluar ke tempat i’tikafnya mengantarkan istrinya shofiyyah radhiallahu anha kerumahnya tiba-tiba ada dua orang dari kaum anshar lewat ketika keduanya melihat Rasulullah ﷺ mereka mmpercepat langkah, lalu nabi ﷺ bersabda : pelan-pelan lah sesungguhnya wanita ini adalah shofiyyah binti huwaih.lalu keduanya berkata wahai Rasulullah lalu Rasulullah ﷺ bersabda : sesungguhnya setan berjalan dalam diri manusia melalui aliran darah. Aku khawatir menyusupkan kesesatan dalam hati kalian berdua.

Wahai hamba Allah….
Dalam hadist ini tampak kejelasan nabi ﷺ yang nyata dengan menunjukkan kebenaran pada saatnya untuk memutuskan sesuatu yang mengarah kepada prasangka buruk dan keraguan dan menjatuhkan kehormatan.

Diriwayatkan dalam abu Daud dan nasai bahwa nabi ﷺ menginginkan sebahagian sahabatnya untuk mengambil suatu tindakan terhadap sesorang yang ingin membaitnya ketika beliau ﷺ mencela mereka karena mereka itu tidak melakukan apa yang keinginan Rasulullah ﷺ lalu mereka berkata. Kami tidak tahu apa yang ada didalam hatimu wahai Rasulullah, knp engkau tidak isyaratkan dengan keinginan mata kepada kami.lantas beliau ﷺ bersabda Sesungguhnya tidak pantas bagi seorang nabi untuk memiliki pandangan mata yang khianat.

Ibnul Qoyyim berkata maksudnya nabi ﷺ zahirnya tidak menyelisihi batinnya begitu juga ketika saat sendirian mau pun terang-terangan jika beliau menjalankan hukum dan perintah Allah, beliau tidak mengisyaratkan nya tapi beliau menyatakannya dan mengumumkan nya dan memberitahukannya.

Wahai hamba Allah….
Ke terus terangan itu nampak keindahan menawannya muka dan kebaikan tuturkata dan kebersihan hati dan ketenangan saat terjadi perselisihan dan kejujuran dalam berbicara dan ke terus terangan seseorang kepada orang lain akan dianggap sebagai dasar yang kuat yang sangat diperlukan untuk meneguhkan langkahnya dan menyebarkan kepercayaan kepada mereka. Dan dengan demikian itu maka menimbulkan kemarahan orang kepolosan nya tidak menakutkannya karena ketidakterangannya karena pada waktu yang sama dengan nya ia memperoleh keridhoan orang-orang yang berakal dan bijaksana. Karena sesuatu menjadikannya pandangan orang yang berakal walaupun dari segi jumlahnya hanya sedikit dan bukan penilaian orang yang lemah walaupun mereka mayoritas.

Wahai hamba Allah…
Kata wuduh itu mengandung makna terus terang jauh dari kebebanan dan pura².dan terus terang adalah lembaran buku yang terbuka yang dibaca setiap orang. Ia merupakan pintu yang terbuka bagi setiap orang yang memasukinya dengan mengunakan Akal dan pikiran nya dan ia adalah dasar yang utama dari salah satu sebab dalam menghilangkan prasangka buruk, duelisme dan keretakkan. Terus terang adalah musuh bagi kesamaran tidak mengandung dua makna dan juga tidak menyeret orangnya untuk mencampuri urusan orang lain utk mengetahui keperibadian yang tdk jelas. Dan membuka penangkal nya dan bersikap keras dalam menghadapinya.

Orang yang bersikap terus terang akan mudah bergaul, karena zahirnya tidak ada Pertentangan dengan batinnya. Kebanyakan orang memahaminya dan mudah akrab dengannya. Dan karakter nya lembut dan berselubung dengan sesuatu yang menjauhkannya dari manusia dan mendekatkan nya kepada mereka. Orang yang bersikap terus terang mengamati dirinya dari orang lain dan berdeda dengan pribadi yang serius yang ia hanya melihat diri nya sendiri oleh karena itu engkau mendapatinya prilaku selektif dalam hidupnya dan oportunis dalam memenuhi keperluannya dan melihat dengan mata permusuhan dengan sesuatu yang sempantasnya dia lihat dan pandangan keridhoan dan begitu juga dengan sebaliknya seseorang yang berterus terang tidak membutuhkan topi diwajahnya untuk menutupi perhatian orang lain dan sarung tangan untuk berjabat tangan dengan mereka tapi ia berwajah satu, hati dan prinsip dan prilaku.

Dengan terus terang hubungan berlanjut antara nya dan orang lain meskipun terjadi perselisihan antara mereka karena terus terang itu jaminan untuk menutup setiap celah ia dilaluinya masuk keraguan dan prasangka buruk. Dan sebaliknya jika kesamaran jika tidak jelasan mengenai nya maka hubungan antaranya dan orang lain akan terputus karena hal itu membutuhkan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dan orang-orang terhindar dari sosoknya yang misterius disebabkan mereka tidak tahu apakah seseorang itu ridho atau marah?

Suka atau benci? Berterimakasih atau tidak tahu berterima kasih? Tunduk atau keberatan. Orang-orang hanya merasa khawatir dari seseorang yang bersikap misterius didalam kepribadiannya dan membuat mereka binggung dan manusia tidak akan mudah percaya pada seseorang kecuali karena keterus terangannya yang nyata dan keterus terangan seseorang dengan orang lain adalah salah satu tanda keberhasilan nya dalam merangkul mereka bukan kehilangan mereka. Untuk menarik perhatian mereka kepada nya bukan untuk memalingkan untuk melindungi mereka karena kesamaran adalah kedunguan yang mengacaukan perasaan orang lain. Dan juga mempermainkan nya adalah hal yang memalukan secara moral semoga Allah Ta’ala melindungi kita dari mala petakanya.sepantasnya seorang muslim berterus terang dalam ucapannya agar perkataannya dan maksudnya jelas.untuk menghindari dari tiap improvisasi masalah.

Karena tingkat pemahaman orang berbeda-beda dan kata² yang menanggungnya. Ia juga harus jelas dalam tindakannya karena hal itu adalah kebaikan dan perbuatan terpuji baginya.hendaklah ia perhatikan agar keadaannya berbeda setiap orang lain dan meninggalkan mereka. Ketika bersama mau pun seseorang. Karena keterus terangan adalah tanda orang jujur dimana penampilan nya dan pikirannya sama. Dan janganlah engkau memiliki batin yang dirahasiakan dalam tabiatnya bertentangan dalam penampilan nya.Orang yang tulus akan merasa senang terhadap nya karena padanya tampak kejelasan jika ia memandangi nya.

Wahai hamba Allah….
Ketahuilah bahwasanya keterusterangan bagi seseorang harus bersifat permanen bukan berupa pengecualian. Sangat disayangkan bahwa hal itu dilakukan kemudian bukan lebih awal dimana terungkap perselisihan dan permusuhan setelah terpendam masalah dan basa basi, hal seperti ini dianggap sebagai penghinaan bukan lagi keterus terangan. Perbedaan diantara keduanya terlihat jelas bagi orang yang petunjuk oleh Allah setiap perkataan dan perbuatan. Karena tidak ada yang memberi petunjuk kepada kebaikan kecuali Allah Ta’ala.

Upayakan lah wahai seorang muslim untuk menjadi diri kalian apa adanya.dan buktikan orang-orang yang mengenalmu dengan cara sesingkat²nya bagi mu bukan terjauh dari dirimu.orang yang mudah terhadap mu bukan yang paling sulit bagimu, bersikap terus teranglah, toleran dan mudah lembut dan lapang dada dan tidak sempit dan jangan beri ruang bagi orang-orang untuk membedakan² penafsiran mereka terhadap pribadimu.jangan menjadi orang yang asing diantara mereka dan jangan jadikan mereka mewaspadai mu dan akan tetapi jaga diri dari mu. Ketahuilah bahwa kesamaran itu menjauhkan bukan mendekatkan, mencerai beraikan bukan menyatukan.

Dan ketahuilah orang-orang yang mengajak dan mempengaruhi kesamaran sebenarnya mereka telah menipu orang lain untuk menggambarkan mereka untuk lebih dalam pemikiran nya dari pada orang lain. Mereka melihat orang-orang tenggelam didalam lautan dan prasangka terhadap mereka tanpa memberi pelambung penyelamat yang terus terang yang menjauhkan mereka dari prasangka yang keliru kepada mereka.

Kemudian ketahuilah, bahwa ada perbedaan yang nyata antara keterusterangan dengan kedunguan, antara misterius dan penuh rahasia. Keterusterangan bukan berarti seorang itu dungu tidak memiliki sifat yang khusus dan tidak juga berarti ia tdk memiliki rahasia yang harus dia simpan kepentingan yang menuntun yang perlu disembunyikan sama halnya dengan bersikap yang misterius berarti ia baru dunia hati-hati sendiri juga tidak menghalangi pemahaman dari keberanian dan transparansi bersikap pertengahan lah wahai seorang muslim adalah sebaik-baik hal agar keterus terangan mu sampai pada batas kebosanan dan engkau merasa tersakiti dan kerahasiaan mu mencapai titik ketidak jelasan sehingga orang-orang menjauhkan diri darimu. Orang-orang yang pintar lagi cerdas adalah orang yang bersikap antara keduanya. Bersikap gamblang lah jika engkau menginginkan martabat yang tinggi sungguh keterus terangan seseorang yang cerdas berupa mahkota. Dan seburuk-buruknya keputusan adalah yang prasangka buruk dan perjalanannya dengan orang-orang yang bersikap misterius dan tdk sempurna.

Khutbah Kedua

Wahai hamba Allah….
Bertaqwalah kepada Allah, dan ketahuilah bahwasanya tidak sepantasnya bagi seseorang meremehkan efek tidak berterus terang.karena hal itu akan menimbulkan masalah yang serius dalam keluarga, lapisan masyarakat dan kesejahteraan dan pekerjaan dan administrasi. Oleh karena itu meski ditolak segala hal yang mendatangkan kekacauan dan rintangan yang menghalangi nya.

Adapun bidang administrasi yang berkaitan dengan kepentingan negara dan rakyat maka sangat ditekankan padanya kejelasan dan transparansi karena hal tsb dapat mempengaruhi baik positif maupun negatif. Kewajiban orang yang bertanggung jawab padanya lebih besar dihadapan Allah.

Dan kemudian dihadapan pemimpin yang mengayomi nya dan pondasi pemerintahan yang kontemporer yang sering diperkenalkan hanya untuk mengontrol manajemen, finansial dan produktivitas nya. Dan demi kepentingan umum dan untuk melaksanakan prinsipnya integritas dan pemberantasan korupsi. Konsep pemerintahan tidak ada artinya kalau ia krg dari tiga kriteria yang umum yaitu kriteria kepatuhan dan komitmen apa yang telah diterapkan leh pemimpin Untuk mengendalikan kepentingan nya meliputi masyarakat.

Dan kemudian kriteria keamanan finansial utk menjaga aset publik dari manipulasi berikut nya kriteria transparansi yang arti kejelasan yang nyata untuk melibatkan pemangku kepimpinan jalannya pekerjaan sesuai dengan cara pemasukan dan keluaran. Dan kriteria tsb bukanlah hal yang baru dalam hal ini. Bahkan islam telah menghimbau nya satu persatu. Ketika kriteria tsb tdk diterapkan oleh orang-orang yang diberikan kepercayaan maka terjadilah kejatuhan yang menyakitkan dan kegagalan yang mengecewakan dalam hal amanah dan kepercayaan.

Kemudian ketahuilah -semoga Allah merahmati kalian- bahwa tuntutan untuk menjelaskan keuangan dan administrasi jg tdk kalah penting. Khusus nya berkaitan dengan yang bersifat yang sukarela dan amal kebaikan dan tawakal.tdk tunduk nya amal kebaikan tersebut terhadap orang penguasaan undang² atau institut Nasional.menjadi sebab bagi orang yang meremahkan penguasanya dan pengutarannya. Karena sifat remeh seperti ini terjadi pengabaian dan menimbulkan penafsiran seorang yang dipercayakan mengelola dana sukarela dan amal kebaikan umat islam dan bahwa lembaga tsb berkaitan dengan amal kebaikan atau sukarela berarti tdk perlu transparan dan kejelasan dalam pengelolaan. Pembelajaan dan sumber dananya dan juga tdk karena terpisah keuangannya dan akuntasinya karena pengelolanya adalah diamanakan oleh orang-orang yang bersedekah dan berinfak.

Kesalahan yang fatal bahwa seseorang memanfaatkan simpati dgn mengabaikan kejujuran dan kemasyhuran dan penjelasan atau menutup mata dari tndak lanjut. Dan betapa banyak cerita manipulasi dan penipuan dari waktu ke waktu terkadang atas nama kabaikan dan atas nama suka rela dan melalui tipudaya tsb terjadilah pemerahan terhadap orang² dan mengambil simPATI mereka.

Dan tentunya hal itu tdk disarankan karena orang banyak yang tertipu dengan terkait simpati amal kebaikan karena ia mengarah kepada penyempurnaan aspek agama yang merupakan sesuatu gerbang yang luas untuk menarik simpati. Abdullah bin umar radhiyallahu anhu dengan mengungkapkan siapa saja yang buat tipuan dgn mengatasnamakan Allah maka sesungguhnya kami yang telah meleputinya dan mengetahui prilakunya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here