Terjemah Khutbah Al-Haramain | Syaikh Dr. Ahmad Thaleb Bin Hamid – Marhaban Ya Ramadhan

527

Khutbah pertama

(Menit 01:30)
فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.
Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah adalah Kitabullah, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk nabi Muhammad ﷺ, seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan.dan setiap perkara yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat.dan setiap kesesatan masuk dalam api neraka.

(Menit 01:46)
Wahai orang-orang yang beriman…
Allah azza wa jalla berfirman di dalam kitabnya nya yang Agung :
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ – ١٨٥

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

(Menit 02:22)
Bulan Ramadhan merupakan sebaik-baik bulan.dan Allah telah mengutus didalamnya sebaik-baikdan Rasul-Nya(utusan) dan diturunkan didalamnya sebaik-baik kitab-Nya.dan didalamnya disyariatkan ibadah yang mengisyaratkan akan keikhlasan tercapai. agar ia menjauhkan diri dari sifat riya.dan balasan pahalanya pun diberikan dengan sangat besar tingkatannya dari yang Maha Mulia dan maha memberi.

(Menit 02:45)
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : قَالَ اللَّهُ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ
Rasulullah ﷺ bersabda : Allah azza wa jalla berfirman : ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.”

Dan puasa dapat memperbaiki diri manusia dan menjauhkan seseorang dari jurang kerusakan.dan dengannya juga dosa-dosa diampuni Allah dan menjaga diri nya dari keburukan-keburukan.

(Menit 03:07)
Nabi ﷺ bersabda :
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.
”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan bulan puasa merupakan bulan kebaikan,ampunan dan keridhoan.dan merendahkan syaithon.

(Menit 03:24)
Nabi ﷺ bersabda :
إِذَا كَانَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الرَّحْمَةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ.
“Jika masuk bulan Ramadhan, pintu-pintu rahmat dibukan, pintu-pintu Jahannam ditutup dan setan-setan pun diikat dengan rantai.”

(Menit 03:35)
Dan turun nya Al-Quran didalamnya, merupakan tiang pokok bagi umat ini dan memperbanyaklah didalam membacanya dan men tadabbur nya.dan bahwasanya Jibril ‘alaihi salam mengajarkan Al-Quran kepada Nabi Kita Muhammad ﷺ.dan takkala tahun dimana beliau wafat malaikat Jibril mengajari nya dua kali.

Maka hal tersebut dapat menghasilkan kedermawanan diatas kedermawanan nya dan nabi ﷺ adalah orang yang dermawan. Dan bahwasanya nabi ﷺ takkala berinfak beliau memberinya dengan berlimpah.dan takkala memberi beliau memberinya dengan banyak.dan apabila beliau memberikan sesuatu beliau memberi nya tanpa khawatir miskin.

(Menit 04:00)
Dan beliau ﷺ menyambut bulan Ramadhan dengan kedermawanan. dan lebih dermawan lagi takkala di bulan ramadhan.dan bahwasanya beliau lebih bersegera untuk dermawan dari pada angin yang diutus beliau ﷺ.

Dan mmintalah kepada Allah dari fadhilah-Nya, karena sesungguhnya Allah itu maha dekat dan maha mengabulkan do’a2x.

(Menit 04:31)
Allah azza wa jalla berfirman :
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.(Surat Al-Baqarah (2) Ayat 186)

Khutbah kedua…

Wahai orang-orang yang beriman masuklah kedalam orang-orang yang jujur.

(Menit 05:39)
Allah azza wa jalla berfirman :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ – ١٨٣

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

(Menit 05:49)
Hari-hari -wahai hamba-hamba Allah- merupakan lembaran-lembaran kehidupan.dan bergembiralah bagi seseorang yang benar-benar bisa memaksimalkan amalan nya.dan barangsiapa yang Allah pindahkan dia dari rendahnya kemaksiatan kepada tinggi ketaatan maka Allah telah memperkaya diri nya tanpa harta.

(Menit 06:22)
Barangsiapa yang mengenal Rabbnya maka ia akan disibukkan dengan beribadah kepada-Nya.dan perPerbanyak lah untuk beristighfar kepada Allah, dan kembali kepada Allah dan bertaubat kepada Allah yang maha mulia dan maha menerima taubat.dan berlepas diri dari dosa-dosa yang berikatan dengan Allah dan makhluk-Nya.dan jika hamba Allah tersebut mampu

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here