Terjemah Khutbah Al-Haramain | Syaikh Dr. Abdullah Bin Awwad Al-Juhani – Arab Saudi, Negara yang Berpegang Teguh kepada Al-Quran dan As-Sunnah

169

Khutbah Pertama

Wahai hamba Allah…
Diantara bentuk kelembutan nya Allah tabaraka wa ta’ala kepada umatnya nabi Muhammad ﷺ, Allah telah menjadikan dua masjid suci yaitu masjid Alharam dan masjid Nabawi dan telah manjadikan beberapa orang untuk mengabdikan dirinya dan dengan kelembutan dan rahmat-Nya pula Ia telah menyiapkan orang-orang utk mengabdikan dirinya kepada tanah suci dan orang-orang dari penjuru dunia yang datang kepadanya.

Dan semoga Allah memberkahi orang-orang yang mengabdikan dirinya kepada negara ini. Baik dari Kerajaan nya maupun rakyat nya.

Wahai kaum muslimin sekalian…
Kita telah mendengar perkataan pelayan dua tanah suci, yaitu Raja Salman bin Abdulaziz -semoga Allah Ta’ala senantiasa membantunya dan menolong dengan taufik-Nya-. Baginda Raja berbicara di pembukaan Majelis Syura yang kedelapan 1444 hijiriyyah tahun ketiga. Apa yang beliau katakan merupakan kebaikan kepada semua rakyatnya. Dan ini menunjukkan perhatian Raja kepada rakyat nya. Dan beliau juga telah mengatakan bahwasanya Undang-undang Dasar kerajaan Arab Saudi bersumber dari Kitabullah Azza wa Jalla dan Hadist Nabi ﷺ baik dalam bentuk perkataan dan perbuatan.

Dan Dunia pada saat ini telah melihat bagaimana kejayaannya Arab Saudi yang telah menyatukan kabilah² nya. Dan menstabilkan negaranya dan ini semua merupakan bentuk kesuksesan bahwasanya dasar negara yaitu Al-Quran dan sunnah ﷺ. Dan pondasi nya juga adalah rakyat nya dan kemajuan nya adalah tiangnya dan pembangunan adalah misinya untuk membina masa depan yang lebih baik baik tuk negera dan masyarakat generasi nya akan datang. Alhamdulilah -segala puji hanya kepada Allah semata- atas nikmat ini baik sebelum dan sesudahnya.

Wahai hamba Allah sekalian..
Sesungguhnya Allah Ta’ala telah memurnikan negara ini -yang Semoga diberkahi oleh Allah- , dan memiliki pemimpin yang baik yang dapat menyatukan Rakyat negara nya.dan membersihkan pemikiran² yang buruk dan menyimpang dari kesyirikan. Ia adalah -smoga Allah mengampuni nya – raja abdul aziz bin Abdurrahman bin suud -semoga Allah Ta’ala memberkahi beliau dan anak-anak keturunan beliau dan membalas beliau dengan sebaik-baik balasan atas kebaikan beliau kepada islam dan kaum muslimin-.

Dan semua kenikmatan yang umat islam telah rasakan pada saat ini seperti keamanan, kekuatan dan ketenangan dan kesatuan umat islam. Dan menyembah Allah dengan keikhlasan dan mentauhidkan-Nya dan tidak menyekutukan-Nya.dan mentaati perintah Allah dan Rasul-Nya ﷺ dan semuanya kembali kepada umat yang sholeh yang perhatian kepada keadaan negaranya.dan kenikmatan yang dirasakan oleh umat islam pada saat ini secara umum membuat orang lain iri dengannya.dan khususnya dengan negara ini yang menjadikan Al-Quran karim dan sunnah Nabi ﷺ yang mulia sebagai undang-undang dasarnya.

Oleh karena nya mereka² yang iri melihat kondisi yang seperti ini mereka berusaha dengan usaha yang keras dan dengan berbagai macam caranya baik itu dalam bentuk provokasi agar umat terpecah belah dan berusaha menghancurkan negara-negara islam dan merusaknya baik itu dengan pikiran nya secara global. Maka dari sini telah menjadi kewajiban bagi semua orang-orang muslim baik itu dari kalangan para ulama dan para penguasa di negara-negara islam untuk memastikan kestabilan negara islam dan tanah airnya. Kemuliaan dan kesejahteraan negara islam secara keseluruhan nya.

Ya Allah jadikanlah kami dan raja kami dan putra mahkota nya dan beserta kerajaan nya termasuk didalam golongan yang telah Engkau sebutkan dalam firman-Mu yaitu :

الۤمّۤ ۚ ١

Alif Lām Mīm.

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ ٢

Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan di dalamnya; (ia merupakan) petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa,

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۙ ٣

(yaitu) orang-orang yang beriman pada yang gaib, menegakkan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka,

وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِالْاٰخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَۗ ٤

dan mereka yang beriman pada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad) dan (kitab-kitab suci) yang telah diturunkan sebelum engkau dan mereka yakin akan adanya akhirat.

اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ٥

Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Dan firman Allah Ta’ala

ٱلَّذِينَ إِن مَّكَّنَّـٰهُمْ فِى ٱلْأَرْضِ أَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَوُا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَمَرُوا۟ بِٱلْمَعْرُوفِ وَنَهَوْا۟ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۗ وَلِلَّهِ عَـٰقِبَةُ ٱلْأُمُورِ

(yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.Surat Al-Hajj (22) Ayat 41

Dan Ibnu Katsir dalam tafsiran nya telah menyebutkan bahwasanya umar bin abdul aziz -semoga Allah merahmati nya- telah berkhutbah ٱلَّذِينَ إِن مَّكَّنَّـٰهُمْ فِى ٱلْأَرْضِ
(yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, ayat ini bukan hanya untuk para pemimpin akan tetapi untuk para pemimpin dan juga rakyatnya, maukah kalian aku beri tahu apa tanggung jawab kalian kepada pemimpin kalian dan apakah tanggung jawab pemimpin kepada kalian…??

Sesungguhnya hak kalian terhadap para pemimpin adalah dia harus menunaikan hak-hak Allah Ta’ala terhadap kalian dan memastikan tidak ada yang melakukan kedzaliman diantara kalian dan membimbing kalian kepada jalan yang lurus.sesungguhnya hak pemimpin yang telah kalian tunaikan juga mentaati mereka dengan ketaatan yang baik tanpa ada nya paksaan baik secara terang-terangan maupun secara tersembunyi.

bertaqwalah kepada Allah Ta’ala -Wahai orang muslim- dan jangan lah kalian berpecah dan berpegang teguhlah kepada tali Allah Ta’ala dan jangan lah kalian berpecah belah. Dan berpegang teguh lah kepada Kitabullah maka Ia akan menunjukkan kalian kepada jalan yang lurus.dan berpegang lah kepada sunnah Nabi Muhammad ﷺ dalam setiap perkaataan maupun perbuatan. Maka pastilah kalian akan menang dan kembali berjaya. Dan taatilah para pemimpin kalian maka kalian akan mendapatkan taufik dari Allah dan akan diberikan kemenangan nya.

Ya Allah tetapkan lah kami dengan ucapan yang baik, baik didunia maupun di akhirat

Ya Allah hanya kepada-Mu lah segala pujian sesungguhnya engkau lah pantas diberi pujian dan engkau telah menjaga aqidah kami dari penyimpangan. Dan engkau telah menyatukan hati-hati kami dibawah panji para pemimpin kami dan engkau telah memenangkan kami dan engkau telah mengalah kan musuh² kami dan engkau lah yang maha menerima taubat.

Khutbah Kedua

Bertaqwalah wahai hamba-hamba Allah Ta’ala…

Dan perhatikan lah keadaan dunia pada saat ini, yang mana banyak orang yang tidak peduli dengan Al-Quran dan mereka meniggalkan hukum-hukum Allah.dan Al-Quran seperti hilang dalam hidup mereka dan kehidupan mereka menjadi berantakan. Dan kita saksikan pada saat ini dunia yang kacau, yang mana manusia takut dengan manusia yang lainnya. Dan mereka membenci antara saudara mereka dengan saudara lainnya dan bahkan mereka menunggu peluang untuk membalas dendam terhadap saudara² mereka. Ini tdk lain dan tdk bukan hanya karena mereka meninggalkan kitab Allah dan kembali kepada masa jahiliyah dan bahkan lebih buruk dan lebih parah dari pada zaman jahiliyah terdahulu.

Maka bertaqwalah kepada Allah tala -Wahai kaum muslimin sekalian- Bacalah kitab Rabb kalian dan pahamilah maknanya, dan berpeganglah kalian dengan petunjuknya dan beramal lah dengan hukum²nya dan ikutilah petunjuk nya dalam setiap perkataan dan perbuatan baik secara khusus maupun secara umum lainnya.ini dan Alhamdulillah, inilah manhaj yang telah digunakan negri yang diberkahi ini yang merupakan karunia dari Allah subhanallah wa ta’ala dan juga diberikan pemimpin yang amanah yang memimpin dengan berlandaskan hukum² dari Allah Ta’ala dan berjalan nya agama Islam secara menyeluruh. Smoga Allah teguhkan pendirian nya di dalam kebaikan. Dan menjauhkan dari orang-orang yang dengki

Ya Allah,siapa yang berniat buruk ke negeri kami maka jauhkanlah dia dari kami, dan jadikanlah setiap tipu daya nya kembali kepada mereka sendiri wahai Rabb yang maha kuasa dan maha bijaksana.

Ya Allah,berikan lah taufik kepada semua pemimpin diseluruh dunia dan smoga mereka mengamalkan apa yang telah ditulis dalam al-quran dan apa yang telah dijelaskan oleh Rasulullah ﷺ dan berikanlah hidayah kepada mereka agar mereka kembali kepada-Mu…..

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here