Dareliman Peduli Ganti Logo Baru,  Apa benar Lebih Elegan dan Profesional?

29

Tahu gak sih, Dareliman peduli itu apa? Bagaimana kegiatannya? Dan dimana base camp nya?  bersama kita saksikan telah banyak aksi sosial yang dilakukan lembaga sosial ini, mulai dari membantu meringankan beban korban bencana alam dan kebakaran, hingga aksi sosial lain seperti melaksanakan khitanan massal untuk para muallaf di kepulauan Mentawai.

Semua kegiatan yang disebutkan di atas dapat kita jumpai dalam berita yang termuat pada website kabasurau.co.id di kolom Sosial, kemudian juga dapat dijumpai pada website surautv.id dan dareliman.or.id. Nah, sekarang sudah mulai tahu kan?

Dareliman peduli merupakan bagian dari Yayasan Dar el-iman dalam bidang sosial dan dakwah, tepatnya pada divisi sosial Yayasan Dar el-iman, hadir sejak tahun 2019. Meskipun tergolong masih berumur muda, namun aksi yang telah dilakukannya tak terhitung lagi, sebut saja salah satunya program ATM beras, dimana program ini merupakan bantuan 3 liter beras yang dikeluarkan melalui ATM, dilaksanakan satu kali dalam sepekan dengan penerima yang telah ditentukan.

Sebelumnya program sosial di Yayasan Dar el-iman telah berjalan sejak Yayasan ini berdiri, namun sejak hadirnya Dareliman peduli menjadikan program sosial Yayasan Dar el-iman lebih profesional dalam pengelolaannya. Seiring berjalan waktu Dareliman peduli mulai banyak dikenal, identitas diri perlu dibangun agar lebih sempurna pengenalannya. Sebagaimana kata peribahasa, tak kenal maka tak sayang, maka baru-baru ini Dareliman peduli memperkenalkan logo baru.

Kiri logo lama, kanan logo baru.

Berwarna biru dan simpel, menjadi ciri khas Dareliman peduli saat ini. Berbeda dengan warna sebelumnya yang menggandeng tiga warna, merah, kuning dan hitam, ciri khas bendera marawa khas minang. Dengan berganti warna tidak serta merta meninggalkan nilai-nilai daerah, Dareliman peduli tetap menjunjung nilai adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah.

Berbentuk segi enam sarat akan makna, logo ini terinspirasi dari lebah, mereka bekerja secara kolektif dan tunduk pada satu pimpinan. Lebah selalu hidup dalam koloni besar, tidak pernah menyendiri. Mereka pun bekerja secara kolektif dan masing-masing mempunyai tugas sendiri-sendiri. Ketika mereka mendapatkan sumber sari madu, mereka akan memanggil teman-temannya untuk menghisapnya.

Demikian pula ketika ada bahaya, seekor lebah akan mengeluarkan feromon (suatu zat kimia yang dikeluarkan oleh binatang tertentu untuk memberi isyarat tertentu) untuk mengundang teman-temannya agar membantu dirinya. Itulah seharusnya sikap orang-orang beriman yang diibaratkan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh (QS ash-Shaff [61]: 4).

Kemudian disebutkan seorang mukimin itu Ibarat Lebah “An-Nahl,” dalam sebuah hadist Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  “Perumpamaan orang beriman itu bagaikan lebah. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat yang bersih, dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya).” (HR. Ahmad, Al-Hakim, dan Al-Bazzar dishahihkan Ahmad Syakir dan al-Albani).

Tidak hanya bergambar sarang lebah, dalam balutan segi enam tersebut, juga terdapat beberapa elemen yang melengkapi makna yang sejalan dengan visi Dareliman peduli, yakni gambar tangan yang saling menyokong dan gambar ka’bah.

Setelah mengetahui nilai-nilai yang terkandung di dalam logo baru Dareliman peduli, Sudah tahu apa saja kegiatannya dan dimana alamatnya?

Hingga saat ini Dareliman peduli memiliki beberapa  program utama, yakni program sosial, seperti tebar sembako, ATM beras, santunan anak yatim, tebar ifthor, kesehatan, pendidikan, Jum’at berkah dan lainnya, Kemudian program penyaluran zakat maal dan zakat fitrah, program bencana dan kemanusiaan, terakhir program tebar qurban.

Dareliman peduli berkantor di Komplek Yayasan Dar el-iman, Jalan Gajah Mada Gang BPKP, Kelurahan Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Dengan hadirnya logo baru ini, kedepan Dareliman peduli bertekad menjadi lembaga sosial yang lebih profesional dari sebelumnya, dan menjalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam logo tersebut. Untuk mendukung program-program Dareliman peduli, berikut kami cantumkan nomor rekening program-program Dareliman peduli:

NoProgramRekeningKode unik transfer
1Zakat Maal dan Zakat fitrah111.222.54.22
2ATM beras111.222.54.9901
3Anak yatim111.222.54.9902
4Iftor111.222.54.9903
5Dana riba111.222.54.9904
6Kesehatan111.222.54.9905
7Pendidikan111.222.54.9906
8KPJ dan Ambulan111.222.54.9907
9Tebar sembako111.222.54.9908
10Jum’at berkah111.222.54.9909
11Layanan fidyah dan kaffarat puasa111.222.54.99010
12Infaq, sedekah dan donasi umum111.222.54.99011
13Bencana dan kemanusiaan111.222.97.32
14Tebar qurban111.222.54.99
*Semua rekening di atas merupakan rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama Yayasan Dar el-iman.

Semoga dengan hadirnya logo baru ini tidak hanya sekedar gambar saja, namun kita berharap semoga filosfi logo yang telah disebutkan dapat diimplementasi kepada masyarakat, sehingga manfaatnya dapat dirasakan tidak hanya sekedar gambar semata.

Bagai mana menurut para pembaca perihal logo baru ini? tulis pendapatnya di kolom komentar ya!

Penulis: SY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here