Diantara Sifat-sifat yang Baik dimiliki Seorang Guru

Diantara Sifat-sifat yang Baik dimiliki Seorang Guru

Tidak ada satu profesi pun, apakah itu profesi yang besar atau profesi yang kecil kecuali memiliki sifat-sifat yang harus dimiliki atau tidak harus dimiliki.

Apalagi seorang guru yang memikul amanah yang besar untuk mencetak dan mendidik generasi-generasi muda. Ada berapa sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang Guru diantaranya adalah,

1). Meniatkan ikhlas kepada Allah ﷻ.

Ibnul jama’ah alkinani menyebutkan dalam kitab nya tadzkirah as sami’ wal mutakallim fii adabil ‘alim wal muta’allim :
“Hendaknya tujuan seorang yang mengajarkan ilmu adalah mencari keridhoan Allah ﷻ, menyebarkan ilmu dan selalu menegakkan yang haq (benar) dan memadamkan kebatilan. Dan terjaganya kebaikan umat islam dengan banyak nya ahli ilmu(ulama)”.

Dan Ketika seorang guru memperhatikan niatnya dan memperbaiki hatinya, maka amalnya berubah menjadi ibadah kepada Allah ﷻ semata. Dan Jerih payahnya, usahanya dan seluruh aktivitasnya ditulis sebagai amal kebaikan di sisi Allah ﷻ.

Wahai Saudaraku guru…. Keikhlasan tetaplah mengizinkanmu untuk menikmati materi, liburan dan hal-hal yang dinikmati oleh teman sejawatmu di dunia. Akan tetapi kamu memiliki kelebihan di dunia di atas mereka, bahwa kamu dapat menikmati profesimu dan merindukan tugasmu.

Kamu mencintainya dan menunaikannya, dan bahwa seluruh waktu yang kamu habiskan setiap hari di sekolah, bahkan perjalanan pulang pergi ke sekolah merupakan investasi pahala bagimu di sisi Allah ﷻ.

Rumah Akhirat, inilah tujuan utama dan cita-cita yang tertinggi.
Pahala apa yang akan diraih oleh orang-orang yang ikhlas?
Balasan apa yang akan ditulis bagi mereka di sana?
Semua itu kamu dan saya tidak mengetahuinya, sebab hanya Allah ﷻ yang mengetahuinya.

وَاللهُ يُضَعِفُ لِمَن يَشَاءُ

“Dan Allah melipat gandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki.” (Al-Baqarah: 261).

Meskipun niat yang baik adalah perasaan di dalam diri, tetapi ia memainkan peranan penting untuk menata perilaku guru dan menegakkan pengawasan dari dalam dirinya, sehingga seorang guru akan berkarya maksimal dan menjaga amanat.

Baca Juga : Menjadi Guru yang Sukses dan Berpengaruh #1

===========================

Rujukan: Buku menjadi Guru yang sukses dan berpengaruh DR. Muhammad bin Abdullah ad-Duwaisy.

Penulis: Ustadz Rahmat Ridho, S. Ag | Editor: Resma

More From Author

+ There are no comments

Add yours