Hadits No. 227 dan 228 Menjunjung Kehormatan Kaum Muslimin dan Perihal Hak-hak Mereka Serta Kasih Sayang Terhadap Mereka

Syarah Riyadhus sholihin
Bab 27: Menjunjung Kehormatan Kaum Muslimin dan Perihal Hak-hak Mereka serta kasih sayang terhadap mereka, Hadits No. 227 dan Hadits No. 228

Hadits No. 227

٢٢٧ – وَعَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ وَاللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صل اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ لَا يَرْحَمِ النَّاسَ لَا يَرْحَمْهُ اللهُ)). (متفق عليه)

227. Dari Jarir bin Abdillah, ia berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa tidak mengasihi orang lain, maka dia tidak akan dikasihi Allah.” (Mustafaq ‘alaib)

Kandungan Hadits

1.Seorang hamba sepatutnya selalu mengasihi semua makhluk.

2. Sifat kasih merupakan akhlak yang agung, dan Islam selalu berupaya menanamkannya dalam diri manusia.

3. Sikap saling mengasihi antar sesama umat manusia merupakan sebab dilimpahkannya rahmat Allah kepada mereka.

Hadits No. 228

٢٢٨ – وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضَ لِتَهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ((إِذَا صَلَّ أَحَدُكُمْ لِلنَّاسِ، فَلْيُخَفِّفُ، فَإِنَّ فِيهِمُ الضَّعِيفَ وَالسَّقيم وَالْكَبِيرَ، وَإِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ لِنَفْسِهِ فَلْيُطَوّلُ مَا شَاءَ)). (متفق عليه)

وَفِي رِوَايَةٍ: ((وَذَا الْحَاجَةِ)).

228. Dari Abu Hurairah; Bahwasanya Rasulullah bersabda: “Jika seseorang di antara kalian menjadi imam shalat bagi orang-orang, maka hendaklah dia meringankan (bacaan shalatnya); karena di antara mereka terdapat orang yang lemah, orang yang sedang sakit, dan orang yang tua. Dan jika salah seorang di antara kalian shalat sendirian, maka silakan dia memperpanjang sekehendak hatinya.” (Muttafaq ‘alaih)

Disebut pada sebuah riwayat: “serta orang yang punya keperluan.”

Kandungan Hadits

1. Disunnahkan meringankan bacaan shalat untuk menjaga berbagai keperluan para makmum dan memahami keadaan mereka. Namun, tindakan ini tidak boleh sampai merusak salah satu rukun atau hal-hal yang wajib didalam shalat.

2. Shalat sendirian berbeda dengan shalat berjamaah. Seseorang dalam shalat sendirian boleh memanjangkan bacaan shalatnya sesuka hati.

3. Perintah kepada para imam agar tidak menjadikan orang-orang tidakmau shalat berjamaah karena panjangnya bacaan.

4. Kemudahan dan toleransi yang diberikan Islam, berikut upaya yang dilakukannya dalam memberikan keringanan kepada umat Islam.

Baca Juga : Menjunjung Kehormatan Kaum Muslimin dan Perihal Hak-hak Mereka serta kasih sayang terhadap mereka, Hadits No. 222 dan Hadits No. 223

Rujukan : Bahjatun Nadzirin Syarah Riyadhus Shalihin (بهجة النا ظرين شرح رياض الصالحين)Karya Syaikh Salim Bin ‘Ied Al-Hilali حفظه الله تعالى.

Penulis: Ustadz Rahmat Ridho, S. Ag | Editor: Resma

More From Author

+ There are no comments

Add yours