SMPIT Dar el-Iman Mengikuti Jambore Pramuka MKKS SMP Swasta Padang

Kabasurau.co.id: SMPIT Dar el-Iman mengikuti kegiatan Jambore IV SMP Swasta kwartir Padang, di bumi perkemahan Tiger Camp, Koto Tangah, Padang. Jambore ini merupakan kegiatan yang ke 4, diselenggarakan oleh musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMP Swasta Kota Padang.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai dari kedatangan peserta pada hari Jum’at (4/11/2022) hingga kepulangannya pada hari Ahad (6/11/2022). Ustadz Ardiansyah, selaku pendamping kontingen SMPIT Dar el-Iman mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk rekreasi edukatif di alam terbuka, yakni perkemahan besar Pramuka Penggalang.

“Jambore ini merupakan sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitik beratkan pada pengembangan diri peserta. Terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.” jelas Ustadz Ardi.

Kemudian Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah pembinaan dan pengembangan Pramuka Penggalang. Di mana pembinaan ini khususnya di tingkat SMP Swasta se-Kota Padang. Sebanyak 38 SMP swasta di Kota Padang mengikuti jambore ini, salah satu pesertanya SMPIT Dar el-Iman. Dari serangkaian perlombaan yang terselenggara, SMPIT Dar el-Iman berhasil memperoleh juara 2 pada perlombaan tarik tambang.

Mengutip dari metrokini.com, ketua panitia pelaksana Mugiman mengungkapkan, 60 regu dan lebih dari 600 siswa menyemarakkan kegiatan ini. Panitia menyelenggarakan 6 perlombaan bagi peserta.

“Ada 6 lomba, tapak perkemahan, semaphore dan morse, tarik tambang masak tradisional, selain itu juga ada penyuluhan dari poresta Padang dan dari bidang kesehatan dari DKK,” ujar Mugiman.

Ketua MKKS SMP Swasta se Kota Padang Eni Farida mengatakan, Pramuka merupakan ekskull yang prioritas dan wajib dilaksanakan sekolah. “Karena Pramuka mengajarkan sikap mandiri dan generasi berkarakter pada masa mendatang,” ujar Eni.

Reporter: Ardiansyah | Redaktur: Syaugi | Sumber: Kabasurau.co.id

More From Author

+ There are no comments

Add yours